Sebuah Catatan Dini Hari


gambar

Akhir-akhir ini saya gemar sekali mengamati lingkungan sekitar dengan segala ragam di dalamnya. Termasuk sikap orang-orang di sekitar saya.

Beberapa waktu lalu, saya dibuat terkejut dengan sikap salah seorang yang saya kenal. Sebut saja A. Yang sebelumnya dia saya anggap orang yang santai dan suka bercanda, ternyata menyimpan kemampuan meluapkan amarah sedemikian rupa. Sesuatu yang menurut saya terlalu berlebihan untuk ditampakkan di depan orang banyak.

Sebelumnya, saya berpikir bahwa setiap orang memang punya karakter sendiri-sendiri. Namun makin ke sini, saya rasa apa yang dia lakukan sedikit tidak wajar. Saya sempat memperhatikan teman saya ini ketika bercanda. Sesuatu yang awalnya menyenangkan berubah menjadi amarah hanya karena dia merasa ditertawakan. Padahal bukan dia objeknya. Dia marah. Membentak-bentak. Dia menjadi orang yang menakutkan. Suasana hatinya berubah drastis. Yang sebelumnya gembira menjadi uring-uringan.

Saya dan teman-teman sempat mendiamkan hal ini, dan kemudian mungkin tersadar, Si A ini meminta maaf. Bahwa kemarahannya tidaklah disengaja. Saya rasa bukan begitu harusnya. Bukan begitu.

Satu hal yang tidak dia ketahui, bahwa:ย ketika dia sedang menyebalkan uring-uringan/moody, jangan pernah menyakiti orang lain lewat sikap maupun perkataan. Karena mereka tidak pernah tahu apa yang sedang terjadi di dalam dirinya. Dan teman-temannya bukanlah para ahli pembaca pikiran, yang senantiasa selalu tahu apa yang dia inginkan.

*dituliskan ketika menyadari ada beberapa orang yang kadar ingin dimengertinya terlalu tinggi, dan sekitarnya tidak mempunyai kemampuan untuk itu*

Gambar dari: vi.sualize.uz

4 pemikiran pada “Sebuah Catatan Dini Hari

Tinggalkan Balasan

