Solo Trip #2: Kelimutu, Akhirnya!


Perjalanan pertama yang saya lakukan pada hari kedua di Ende adalah menuju ke Kelimutu. Menurut Encim, tidak bisa disebut ke Flores tanpa mengunjungi danau yang dulu sempat ada di mata uang pecahan 5000 itu.Mulanya saya berencana untuk menikmati matahari terbit namun faktor tubuh yang sudah lelah membuat saya tertidur pulas dan bangun terlambat, hasilnya saya mau tidak mau baru berangkat sekitar pukul 05.45 dengan diantar ojek langganan Encim yang bernama Neldis.

Kegiatan di pasar tradisional sudah mulai terlihat meskipun pagi itu terasa begitu dingin.

Pasar Tradisional
Pasar Tradisional

Matahari Terbit Sewaktu Menuju Kelimutu
Matahari Terbit Sewaktu Dalam Perjalanan

Perjalanan menuju Kelimutu cukup jauh. Jika benar-benar ingin melihat matahari terbit dan tidak ingin terlalu lelah di perjalanan, menginap di Moni (perkampungan terdekat dengan Kelimutu) bisa menjadi alternatif pilihan. Di sana tersedia banyak penginapan. Karena untuk menuju ke sana diperlukan kurang lebih 2 jam dengan kondisi jalanan berkelok. Semua itu tidak akan terasa kalau mata disuguhi dengan pemandangan hijau pepohonan serta persawahan yang dikelola warga setempat.

Persawahan menuju Kelimutu
Persawahan menuju Kelimutu

Setelah sekian puluh menit berkendara motor, pukul 8 kami (saya dan Neldis) sampai di pos penjagaan Taman Nasional Kelimutu yang sekaligus menjadi loket pembayaran untuk memasuki kawasan tersebut. Dua orang dan 1 motor hanya dikenakan 8000 rupiah. Amat sangat terjangkau.

Gerbang Menuju Kelimutu
Gerbang Menuju Kelimutu

Dari pos penjagaan, kami masih harus menempuh perjalanan untuk menuju danau. Di sepanjang jalan, banyak ditemui wisatawan yang berjalan kaki untuk menuju ke sana. Setelah sampai di area parkir, kami segera mendaki ke arah danau. Tenang saja, jalur pendakiannya tidak begitu susah. Sudah tersedia jalan setapak serta anak tangga sehingga tidak diperlukan tenaga ekstra. Rupanya sudah banyak orang yang turun dari atas danau.
Tampak Dari Bawah
Tampak Dari Bawah

Sekilas dari kejauhan
Sekilas dari kejauhan

Mendaki ratusan anak tangga
Mendaki ratusan anak tangga

Bila diperhatikan, beberapa orang yang mendaki menghitung jumlah anak tangganya. Entah dengan tujuan apa. Biar capek menaikinya tidak terasa mungkin. Karena ternyata cukup bikin kaki nyut-nyut. Hahaha. Tapi semua itu terbayarkan begitu sudah sampai di puncaknya. Rasanya ingin melompat saking senangnya melihat keindahan dan ketenangan sekitar danau. Ternyata di situ banyak monyet berkeliaran. Mereka tampaknya tidak terasa terganggu oleh kehadiran para wisatawan.

Monyet-monyet
Monyet-monyet

Beruntungnya saya bisa melihat keindahan danau hari itu, sebab beberapa waktu lalu Taman Nasional Kelimutu sempat ditutup untuk umum dikarenakan aktifitasnya yang mengalami peningkatan. Bahkan kabarnya salah satu kawah mengalami
perubahan warna.

Tiwu Nuwa Muri Koo Fai
Tiwu Nuwa Muri Koo Fai

Tiwu Ata Polo
Tiwu Ata Polo

Tiwu Ata Mbupu
Tiwu Ata Mbupu

Ada untungnya saya datang agak siang karena menurut penjaga setempat suasana ketika matahari terbit ramai sekali. Sedangkan saat itu (sekitar pukul 8 lewat), suasana lumayan sepi sehingga bisa menikmati ketenangan danau. Sepertinya ingin berlama-lama di atas sana.

View Point
View Point

Latar Belakang Danau
Latar Belakang Danau

*Dilanjut lagi pada postingan berikutnya

Iklan

5 pemikiran pada “Solo Trip #2: Kelimutu, Akhirnya!

  1. Xixixix ojek-ojek langganan saya yang lain pada protes … katanya Neldis terus yang diajak wahahaha … dan saya bilang, “Neldis itu ngetop loooh…” πŸ˜€ btw salam dari Mamatua, waktu Nova pulang, beliau nanya terus, “Su sampe atau belum Nova, Non?” hahaha …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s