Solo, dan Beberapa Cerita Saya


“Car Free Day hanya mitos!” ucap salah seorang kawan

Pada mulanya saya, dan dua orang teman berniat mengikuti car free day yang dilaksanakan di salah satu jalan di Solo. Sebut saja JL. Slamet Riyadi. Seperti kebanyakan rencana, ada yang gagal dan ada yang berhasil. Dan kami termasuk kategori yang pertama. Ya. Kami bangun kesiangan dan car free day hanyalah mitos belaka bagi kami hari itu.

Saat itu cuaca di Solo cukup cerah. Memicu semangat saya untuk berkeliling kota, mencicipi jajanan juga. Nah kalo dalam hal ini saya hanya nurut tuan rumah. Saya akan ikut ke mana mereka membawa saya. Kecuali jika mereka ingin membawa saya ke masa lalu. Tidak. Luka saya sudah hampir kering. Saya menolaknya. Hahaha.

Setelah mempersegar diri dengan mandi, saya dan Nden meluncur menyusul Mashendri untuk menjelajah Solo. Saya sudah menebak nebak akan dibawa ke mana saya. Dan rupanya saya dibawa ke sebuah tempat makan yang biasa disebut “Soto Gerabah”. Pertama kali saya mendengar nama warung tersebut, otak saya langsung memvisualisasikan makanan yang akan disajikan dalam sebuah wadah yang terbuat dari gerabah, bukan mangkok keramik pada umumnya. Dan inilah penampakan dari soto gerabah itu.

image

Jika dibandingkan dengan soto di Surabaya, soto ini rasanya lebih manis. Oh ya ketika kita datang, disuguhkan juga mendoan serta pelengkap untuk menikmati semangkok soto gerabah.
image
image

Niat awalnya sih ke pameran makanan yang diadakan di Balekambang, namun nyatanya hanya ada festival band dan beberapa penjual makanan. Keinginan manjain lidah tertunda.

image
Taman Balekambang

Perut saya mendadak terasa lebih longgar dari biasanya selama di Solo. Bawaannya ingin mengisi perut terus. Karena ternyata kekosongan hati mampu dikalahkan oleh kekosongan perut. Jadilah saya-dan masih ditemani Mas Hendri serta Mbak Nden-meluncur ke Pasar Gedhe Solo. Tujuan ke sana tak lain untuk icip-icip jajanan pasar.
Serabi, sosis solo, dan beberapa jajanan lain berhasil diborong. Oiya, di situ juga bisa menikmati es dhawet yang enak. Cukup untuk membasahi tenggorokan. Tempatnya masih di dalam Pasar Gedhe.

image
Es Dhawet

Bisa dibilang keberuntungan saat itu saya singgah ke Solo. Ternyata hari itu bertepatan dengan Kirab Jumenengan. Seumur-umur, saya belum pernah menyaksikan kirab keraton. Paling banter karnaval anak-anak TK setempat saat perayaan 17an. Wajar jika saya antusias.

image
Kirab Jumenengan

image
saya antusias menunggu kirab.

Waktu sudah sore, kami pun singgah di Masjid Ageng Solo. Gaya bangunannya unik. Memasuki dalamnya, otomatis berasa adem, nyaman. Suka jika harus berlama lama di situ. 🙂
image

image

Sebelumnya, sewaktu menyaksikan kirab, kami bertemu Mas Mursid beserta adiknya. Lalu meluncurlah kami ke Selat Mbak Lies. Lagi lagi, saya baru pertama kali itu tahu dan merasakan apa itu yang disebut selat. Menu pilihan saya adalah Selat Galantin Kuah Saos. Seperti inilah wujudnya
image

Satu piringnya berisi galantin, potongan kentang, sayuran, telur rebus, dan disiram dengan kuah saos. Rasanya sedikit aneh di lidah, tapi enak. Dan tetap sedikit manis. Kalo ke Solo lagi, makanan ini menjadi kuliner wajib coba.

Selama saya di Solo, hingga menjelang pulang, saya dimanjakan sekali oleh kulinernya, suasana kotanya, serta orang orangnya. Kalau ditanya “Apa ada keinginan tinggal di Solo suatu hari nanti?” Saya dengan yakin akan menjawab “Iya!” 😀

Sidoarjo, 10 Juli 2012

*terima kasih untuk Mas Hendri dan Mbak Nden yang sudah mau mengantar dan menemani saya selama di Solo serta Mas Mursid untuk jepretannya di Gladak juga Mas Ardisragen untuk susu madunya 🙂

Posted from WordPress for Android

11 pemikiran pada “Solo, dan Beberapa Cerita Saya

Tinggalkan Balasan

